Pengembangan instrumen keterampilan belajar mahasiswa

Keterampilan belajar merupakan suatu keahlian yang diperlukan untuk dapat sukses dalam bidang belajar dan karir. Rendahnya keterampilan belajar akan berdampak buruk terhadap proses belajar dan hasil belajar peserta didik serta berlanjut dampak buruknya terhadap karir peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penelitian yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengidentifikasi keterampilan belajar mahasiswa sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengambil suatu kebijakan atau membuat program peningkatan keterampilan belajar mahasiswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D). Analisis data menggunakan aplikasi RASCH Model. Hasil penelitian telah menghasilkan suatu produk instrumen keterampilan belajar yang valid dan reliabel. Instrumen ini diharapkan dapat menjadi alternatif instrumen untuk menghimpun data peserta didik terkait keterampilan belajar oleh praktisi pendidikan terutama bagi guru BK atau konselor. Full Article

Citation: Syahputra, Y., Ardimen, A., Tanjung, R. F., Erwinda, L., Wulan, A. N., Fadhila, C., & Zulfikar, F. (2022). Pengembangan instrumen keterampilan belajar mahasiswa. Cenderawasih Journal of  Counseling and Education, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2631

0 Response to "Pengembangan instrumen keterampilan belajar mahasiswa"